Rabu, 27 November 2013

PTK/PD terlanjur terhapus? kembalikan dulu yuk.....

100% copast
Tutorial cara mengembalikan siswa dan Guru yang terlanjur dihapus dari tabel Utama
Cara ini hasil sharing rekan Operator Sekolah di wilayah Kab. Batang, kami dapat lewat teman saya yang lagi pelatihan, semoga bisa menjadi salah satu solusi.
1. Karena saya belum pernah menghapus siswa maka saya coba menghapus dulu salah satu siswa,
saya pilih urutan nomor 1 atas nama : ERNAWATI

2. Ada konfirmasi saya pilih “Ya”

3. Siswa atas nama “ERNAWATI” hilang dari tabel Peserta Didik

4. Saya masuk buka Command Prompt, untuk Windows 7 lewat Start disearch ketik “cmd”. Atau
bisa juga lewat Start > All Programs > Accesories > Command Prompt. Akan tampil jendela sepeti dibawah ini

5. Copy perintah ini cd c:/program files/dapodikdas/pgsql/bin lalu pastekan dengan cara klik kanan pilih Paste di jendela Command Prompt.


6. kemudian tekan Enter.

7. akan masuk ke direktory c:/program files/dapodikdas/pgsql/bin seperti tampilan dibawah ini


8. Copy perintah ini psql -U postgres -d pendataan psql lalu pastekan dengan cara klik kanan pilih
Paste di jendela Command Prompt. Kemudian tekan Enter

9. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini, ditunggu saja dibeberapa komputer butuh waktu agak lama

10. Setelah selesai akan masuk ke sistem pendataan =#, seperti tampilan dibawah ini

11. Jika Peserta Didik yang terhapus maka copy perintah ini UPDATE peserta_didik SET soft_delete
= 0;
atau Jika PTK yang terhapus maka copy perintah ini UPDATE ptk SET soft_delete = 0;
kemudian tekan Enter.
Jika berhasil maka akan keluar tulisan UPDATE diikuti angka yang menunjukkan jumlah Peserta
Didik atau PTK sebelum terhapus.

12. Silahkan cek aplikasinya, siswa atas nama “ERNAWATI” muncul kembali di tabel Peserta Didik,
jika belum muncul tekan F5/refresh terlebih dahulu

Untuk file PDF bisa download disini

0 komentar:

Posting Komentar